Seragam Satpam Baru Mirip Baju Polisi, Pilih Beli atau Buat?

Pilihan Warna Kain Seragam Satpam Baru

Seragam Satpam Baru Mirip Baju Polisi, Pilih Beli atau Buat?

Jakarta – Penggunaan seragam satpam baru mulai diberlakukan pada 2021. Ini sesuai dengan Peraturan Kepolisian no. 4 tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa atau Pam Swakarsa. Jika melihat seragam satpam baru yang kini berwarna cokelat, jadi terlihat mirip seragam polisi ya?

Dalam peraturan kepolisian ini, satuan pengamanan (satpam) menjadi sosok sentral dari Pam Swakarsa. Pam Swakarsa diartikan memiliki fungsi kepolisian berdasarkan kesadaran, kemauan, serta kepentingan masyarakat yang akan mendapatkan pengukuhan dari polri.

Bahan Kain Seragam Satpam Baru

Peraturan tersebut diundangkan pada 5 Agustus 2020 lalu yang akan berlaku satu tahun setelahnya.

Spesifikasi Seragam Satpam Baru

Terdapat satu perubahan yang paling mencolok dari peraturan kepolisian ini, yaitu perubahan seragam satpam. Kini, seragam satpam menggunakan warna cokelat, dimana sebelumnya seragam satpam berwarna putih untuk kerja di pagi hari dan biru tua di malam hari.

Selain itu, seragam satpam yang baru harus disematkan tanda kepangkatan di bagian pundak kiri dan kanan. Ada tiga tanda kepangkatan satpam, yaitu manajer, supervisor, dan pelaksana.

Bentuk tanda kepangkatannya adalah persegi panjang beserta segitiga di atasnya. Tiap pangkat memiliki bentuk segitiga dengan tiga warna berbeda, yakni warna putih, kuning, dan merah.

Seragam Satpam Baru Beli Versus Buat

Dengan adanya perubahan spesifikasi pada seragam satpam yang sudah dijelaskan di atas, pastinya bagi kalian yang bekerja sebagai satpam, harus memakai seragam baru. Namun, mungkin masih ada yang bingung memilih antara membeli atau membuat seragam satpamnya.

Perlu diketahui sebelumnya, bahan yang banyak digunakan untuk membuat seragam satpam adalah bahan kain american drill. Kain ini tahan lama (awet) dan warnanya tidak mudah luntur. Keunggulan lainnya dari kain american drill yaitu mudah menyerap keringat sehingga cocok digunakan untuk pakaian outdoor seperti seragam satpam ini.

Kami telah membuat perbandingan antara membeli dan membuat seragam satpam baru sebagai berikut.


Beli Seragam Satpam Baru

Buat Seragam Satpam Baru

Harga seragam mulai Rp130 ribu (tidak termasuk atribut lainnya seperti topi satpam, belt, dan lainnya)

Harga bahan seragam mulai Rp24,5 ribu/meter (harga kain american drill)

Mencari tahu spesifikasi seragam satpam yang baru untuk memastikan

Harus mencari tahu dulu spesifikasi seragam satpam yang baru secara detail 

Harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli atribut lainnya (topi satpam, belt, sepatu, dan sebagainya)

Jika tidak bisa menjahit seragamnya sendiri, kalian harus mengeluarkan uang lagi untuk penjahit, serta untuk membeli atribut lainnya (topi satpam, belt, dan lainnya)

Jika melihat tabel di atas, keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, kalian tim membeli atau membuat seragam satpam baru?