Mengenal Karakteristik Kain Japan Drill dan Penggunaannya

Bahan japan drill merupakan salah satu jenis kain drill yang banyak digunakan untuk pembuatan pakaian, mulai dari seragam, jas, kemeja, hingga celana kerja. 

Kain ini dikenal mempunyai beberapa karakteristik yaitu cenderung berwarna khaki atau debu, serta memiliki tekstur yang cukup lembut.

Selain itu, kain japan drill memiliki serat yang paling tebal jika dibandingkan dengan jenis kain drill lainnya, sehingga kain tersebut juga memiliki karakteristik sangat kuat dan tidak mudah rusak. Meski tebal, kain japan drill tetap terasa adem dan nyaman saat digunakan.

Orang yang memakai baju berbahan tebal biasanya akan mudah berkeringat. Japan drill mempunyai komposisi katun tinggi yang membuat daya serap keringatnya baik.

Karakteristik Kain Japan Drill

Bagi Anda yang sedang mencari bahan pakaian bekerja dengan kualitas terbaik; nyaman digunakan dan tahan lama, disarankan menggunakan japan drill.

Selain yang sudah disebutkan di atas, kain tersebut juga mempunyai karakteristik-karakteristik lain sebagai berikut.

  • Tahan Gesekan dan Tarikan

Dengan karakteristik ini, japan drill banyak dipilih untuk pembuatan seragam kerja. Penggunaan japan drill sebagai bahan seragam ini pun dapat mengurangi beban pengeluaran karena tidak harus memperbarui seragamnya tiap ganti periode. Seragamnya tidak gampang melar dan tahan lama.

  • Tidak Mudah Terbakar

Terdapat dua bahan utama pada kain ini, yaitu polyester dan katun. Dibuat dengan komposisi katun lebih tinggi, japan drill menawarkan ketahanan tingkat tinggi dimana kain tersebut tidak mudah terbakar.

  • Tahan Lipatan dan Penyusutan

Serat tinggi pada japan drill membuat kain ini tahan lipatan serta tahan penyusutan. Keduanya berkontribusi pada tingkat ketebalan yang dimiliki kain ini. 

Meski digunakan berulang kali, hasilnya tetap kain japan drill tidak mudah terlipat maupun tak mudah menyusut. Oleh karenanya, kain ini fleksibel digunakan untuk berbagai macam pakaian seperti seragam sekolah (SD, SMP, SMA), jas almamater, dan sebagainya.

Meski memiliki banyak keunggulan, kain japan drill tetap ditawarkan dengan harga terjangkau. Kain tersebut dijual seharga mulai dari Rp16 ribu sampai Rp30 ribuan per meter berdasarkan website e-commerce.

Sebagai informasi, harga yang dicantumkan ini merupakan harga grosir, bukan harga eceran. Terdapat berbagai merek yang memakai kain japan drill, antara lain bravada japan drill, verlando japan drill, namura japan drill, obor japan drill, avana japan drill, dan lainnya.