Mengenal Kain Batik Print, Batik Ekonomis untuk Seragam

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki beragam budaya terkenal hingga mancanegara, seperti salah satunya batik. Bagi yang ingin tahu harga kain batik meteran, kami telah rangkum harganya di artikel ini.
Pada umumnya, sebagian besar orang mengetahui jenis batik ada 3, yakni batik cap, batik tulis, serta batik print. Batik print kini banyak digunakan untuk pembuatan seragam baik seragam batik sekolah, seragam batik kantor, dan sebagainya.
Untuk membedakan ketiga jenis batik ini, ada beberapa cara. Salah satunya, dari motif. Motif batik tulis dan cap biasanya tidak serapi batik print karena dibuat dengan tangan, sedangkan motif batik print rapi karena menggunakan mesin.

 

Mengenal Batik Print

Orang-orang menilai batik print bukan termasuk jenis batik. Menurut UNESCO, batik merupakan suatu teknik perintangan warna yang menggunakan lilin panas untuk membentuk motif tertentu.


Orang Jawa menyebut batik adalah rangkaian dari dua kata, yaitu amba dan tik. Amba berarti menggambar dan tik yaitu titik.


Batik asli digambar dengan memakai lilin yang dikenal dengan sebutan ‘malam’. Proses menggambar batik pun dinilai rumit dan lama, sehingga membutuhkan kesabaran serta ketelitian tinggi.


Seperti diketahui sebelumnya, batik print mengandalkan mesin untuk pembuatannya, tidak melalui proses menggambar ataupun memberi warna dengan lilin. 


Batik yang digambar dengan lilin pastinya tidak akan sempurna. Sering ditemui perbedaan motif atau beda ukuran garis dan titik.
Ketidaksempurnaan ini umumnya disebabkan lubernya lilin. Titik di bagian awal dan akhir pola batik tulis pun lebih besar karena menggambar di batiknya menggunakan canting dengan tekanan besar di awal serta akhir pola.


Di sisi lain, bagian belakang batik biasanya terlihat ada sisa-sisa pengerjaan seperti warna yang nembus dan lainnya.
Batik print yang dibuat dengan mesin pastinya menghasilkan motif sempurna serta tidak ada bekas pengerjaan di bagian belakangnya.

 

Harga Kain Batik per Meter

Untuk harganya, batik tulis dijual dengan harga paling tinggi, sedangkan batik print paling murah karena proses pengerjaannya tidak sesulit jenis batik lainnya; menggunakan mesin.


Oleh karena itu, banyak orang memilih batik print untuk bahan seragam batik. Selain itu, motif batik tersebut juga mirip dengan batik tulis maupun batik cap dengan bentuk lebih sempurna.


Berikut ini adalah harga jenis-jenis kain batik yang dilansir dari berbagai e-commerce.

  • Batik tulis Rp140 ribuan - Rp3 juta ke atas per meter
  • Batik cap Rp40 ribuan - Rp200 ribu ke atas per meter
  • Batik print Rp20 ribuan - Rp200 ribuan per meter