Mengenal Kain American Drill dan Penggunaannya di Indonesia

Bahan drill adalah kain yang memiliki jalinan benang kuat dan tekstur pintalan diagonal. Salah satu jenis bahan drill yang banyak digunakan adalah bahan american drill.

American drill ini terbuat dari bahan katun dan polyester 65 persen dan viscose 35 persen, sehingga kain tersebut tidak mudah menyusut serta tahan lama. Ada juga american drill yang terbuat dari material katun murni 100 persen dengan karakteristik tidak panas serta teksturnya halus dan lembut.

Selain itu, kain american drill memiliki serat berukuran sedang (medium). Ukuran serat kain ini lebih besar dibandingkan dengan kain drill jenis twist/twin drill. Bahannya pun kuat sehingga tidak mudah robek.

Tak hanya itu, kain american drill juga mempunyai keunggulan-keunggulan lain seperti tidak mudah kusut serta terasa lembut saat dipakai. Tak heran kain tersebut banyak digemari.

Namun di sisi lain, american drill juga memiliki kelemahan. Kain ini mempunyai serat cukup tebal yang mempengaruhi berat pakaiannya. Bagi beberapa orang yang tubuhnya kecil atau ringan, bisa terasa berat saat memakai pakaian dengan bahan american drill.

Penggunaan Kain American Drill di Indonesia

Kain american drill mempunyai banyak keunggulan yang dibutuhkan sebuah pakaian.

Di Indonesia, american drill menjadi salah satu jenis kain yang cenderung digunakan untuk pembuatan pakaian beraktivitas sehari-hari seperti Pakaian Dinas Lapangan (PDL), jaket, jas kerja, dan lain-lain. 

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai penggunaan kain ini di Indonesia berdasarkan jenis-jenisnya.

(Sapporo) McAllan American

(Sapporo) McAllan American merupakan jenis kain american drill yang memiliki tekstur permukaan lembut dan tenunan kokoh. Kain ini dinilai dingin saat digunakan serta menyerap air. Kain (Sapporo) McAllan American banyak dipakai untuk seragam lapangan dan Pakaian Dinas Lapangan (PDL). 

Ada beberapa institusi yang memakai PDL ini, seperti salah satunya Institut Pertanian Bogor (IPB).

Unione

Kain unione terbuat dari campuran bahan katun dan polyester yang memiliki kerapatan benang kuat. Kain ini cenderung berwarna debu atau khaki, serta menyerap air. Kain unione banyak digunakan untuk jaket, jas kerja, jas wanita formal, seragam pemerintah. 

Jika dibandingkan dengan McAllan American yang banyak digunakan untuk seragam outdoor (seragam lapangan dan PDL), unione banyak dipakai baik untuk pakaian indoor maupun outdoor; jaket, jas formal di dalam kantor, dan sebagainya.

Nisuka

Kain nisuka termasuk salah satu kain american drill yang banyak dipakai untuk jas almamater. Bahannya lembut dan terasa nyaman saat dipakai.

Untuk harga, kain nisuka lebih murah dibandingkan unione maupun McAllan American. Harga unione sama dengan McAllan American yaitu Rp24,5 ribu/meter, sedangkan nisuka seharga Rp21 ribu/meter sebagaimana dilansir dari website BAMTEX.

Akita

Kain akita terbuat dari bahan polyester 40% dan katun 60%. Kain tersebut banyak digunakan untuk pembuatan celana, topi, serta sepatu. 

Dibandingkan dengan nisuka, harga kain ini lebih mahal, hampir sama dengan harga kain unione dan McAllan American. Akita seharga Rp24,25 ribu/meter berdasarkan website BAMTEX. 

Sebagai informasi, kain akita ‘made of Japan’ yang berarti di Indonesia, kain ini merupakan kain import dari Jepang.

Harga Kain American Drill

Bagi yang tertarik membeli kain american drill, berikut ini adalah daftar harga kainnya yang dilansir dari website BAMTEX, distributor textile bahan seragam terbesar di Indonesia.

  • Kain Nisuka American Drill Rp21 ribu/meter
  • Kain Sapporo Mcallan American Drill Rp24,5 ribu/meter
  • Kain drill Unione Rp24,5 ribu/meter
  • Kain Alaska American Drill TR Rp24,25 ribu/meter