Ini Alasan Seragam Batik Banyak Dipakai untuk Seragam Kantor

Seragam batik di Indonesia seringkali digunakan untuk untuk kondangan, seragam sekolah, serta seragam kantor. Ada batik print yang biasanya digunakan untuk pembuatan seragam, baik seragam sekolah, seragam perusahaan, dan lainnya.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki flora dan fauna yang beraneka ragam. Selain itu, juga memiliki budaya yang terkenal luas hingga mancanegara seperti salah satunya batik.

Batik adalah seni menggambar di atas kain yang menjadi salah satu kebudayaan raja-raja Indonesia di masa lalu.  Dulunya, batik ini hanya digunakan untuk pakaian keluarga kraton.

Batik yang banyak digunakan adalah batik tulis, dimana batik tersebut saat ini banyak digunakan untuk seragam kondangan, bridesmaid, dan sebagainya.

Batik kini memang sudah banyak digunakan masyarakat Indonesia dan menjadi salah satu identitas Bangsa Tanah Air. Batik sudah ditetapkan oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural) sebagai warisan budaya negara ini.

Alasan Seragam Batik Banyak Dijadikan Seragam Kantor 

Ada alasan utama seragam batik banyak digunakan untuk seragam kantor. Bagi sebagian orang, seragam batik mungkin memberi kesan kuno. Tapi, menurut orang-orang kantor, seragam ini dapat menunjukkan bahwa Anda adalah sosok yang sopan dan profesional dalam pekerjaannya.

Seragam batik selalu terkesan formal dan lebih rapi dibandingkan seragam kantor lain seperti kaos ataupun kemeja. 

Saat bekerja pun, kadang Anda mendapat tugas mendadak seperti meeting dengan bos atau klien. Dengan menggunakan seragam batik sebagai seragam kantor, masalah ini bisa teratasi. 

Sebagai informasi, seragam batik yang banyak digunakan untuk seragam kantor menggunakan bahan kain prima. Kain tersebut merupakan kain jenis katun yang mempunyai karakteristik agak kasar saat dipegang, namun tetap nyaman digunakan. 

Selain itu, juga tahan panas dan dapat menyerap keringat. Tak heran jika seragam batik ini suka digunakan untuk seragam kantor yang khususnya dipakai di outdoor. 

Ada pula seragam batik kantor yang menggunakan bahan kain lampion. Mirip seperti prima, kain lampion merupakan jenis kain katun yang mempunyai kontruksi kain cukup rapat. 

Kain ini terdiri dari dua jenis, yakni AJL dan SHT. Untuk jenis AJL, mempunyai pinggiran berbulu, sedangkan jenis SHT sebaliknya.

Kain lampion memiliki bahan menyerap keringat serta lebih halus dibandingkan kain lain sejenisnya, sehingga seragam batik dengan bahan kain ini juga suka digunakan untuk seragam kantor.

Motif Seragam Batik

Seragam batik kebanyakan menggunakan motif manusia, hewan, geometris, dan lainnya. Adapun batik motif Gurdho Latar Kembang yang banyak digunakan untuk seragam formal seperti seragam kantor, kondangan, dan sebagainya.

Sebagai informasi tambahan, motif tersebut mempunyai makna agar yang menggunakan seragam batik dengan motif ini bisa mendapat kedudukan baik.

Harga Kain Seragam Batik

Untuk harga pasaran kain seragam batik sendiri, mulai dari Rp10 ribuan berdasarkan beberapa situs e-commerce yang menjual kain ini. 

Kami merekomendasikan kain prima untuk pembuatan seragam batik karena selain memiliki beberapa keunggulan seperti menyerap keringat dan tahan panas, kain tersebut dijual dengan harga terjangkau.

Berikut ini adalah daftar harga kain seragam batik, termasuk kain prima, dilansir dari situs-situs e-commerce.

  • Kain prima Rp19 ribu - 40 ribuan per meter
  • Kain lampion mulai Rp30 ribu per meter