Toko Kain Drill Terdekat di Bandung, Solo, dan Purwokerto

Kain drill merupakan jenis kain yang banyak diminati untuk pembuatan berbagai macam seragam, seperti seragam lapangan, seragam pemerintah, dan lainnya. Bagi yang sedang mencari kain drill di sekitar Bandung, Solo, atau Purwakarta, kami punya rekomendasi toko yang menjual kain ini di daerah-daerah tersebut.

Kain drill banyak digunakan untuk seragam karena memiliki berbagai keunggulan yang dibutuhkan pakaian tersebut, mulai dari menyerap air (bersifat water repellent), tak mudah rusak (serat kain drill tebal), dan sebagainya.

Kain drill terdiri dari tiga jenis, yaitu american drill, japan drill, dan twist/twin drill. Sebaiknya, ketahui lebih dulu ketiga jenis kain drill ini.

Mengenal 3 Jenis Kain Drill

Kain american drill mempunyai serat yang berukuran tidak kecil ataupun tidak besar alias berukuran sedang. Jika dibandingkan dengan twist drill, kain american drill mempunyai ukuran serat lebih besar, sehingga pakaian yang menggunakan material american drill lebih mudah terurai dan memerlukan perawatan khusus seperti melakukan obras di bagian semua ujung kainnya.

Selain itu, kain american drill terbuat dari bahan polyster dan katun, dimana bahan tersebut mempunyai sifat yang lembut saat dipakai serta mudah menyerap keringat. Kain ini banyak digunakan untuk seragam lapangan dan Pakaian Dinas Lapangan (PDL).

Kain japan drill memiliki serat yang paling tebal dibandingkan dengan jenis kain drill lainnya, sehingga sifatnya sangat kuat dan tidak mudah rusak. Selain itu, kain japan drill mempunyai konsentrasi katun yang tinggi.

Ini menyebabkan pakaian yang memakai bahan japan drill cenderung adem dan menyerap keringat. Meskipun demikian, kain ini tetap terasa adem saat digunakan. Kain japan drill biasa digunakan untuk pembuatan seragam SD, SMP, SMA, seragam TNI, Polri, dan lainnya.

  • Twist/Twin Drill

Kain drill jenis ini mempunyai serat yang kecil. Selain itu, kain twist/twin drill bersifat water repellent  atau tahan air. Kain tersebut sering digunakan untuk pembuatan pakaian beraktivitas di luar ruangan (outdoor), seperti jaket dengan zipper (resleting), jas, dan sebagainya.

Kain ini mungkin penggunaannya hampir sama dengan kain american drill yang juga banyak digunakan untuk pembuatan pakaian outdoor. Tapi, kain twist/twin drill mempunyai serat lebih kecil seperti yang sudah diketahui sebelumnya, sehingga kain tersebut memiliki sifat lembut tapi tetap kuat.

Namun jika dibandingkan dengan japan drill, kalah kuat karena japan drill memiliki ukuran serat diagonal lebih besar dibandingkan twist/twin drill.

Rekomendasi Toko yang Jual Kain Drill

Setelah mengetahui jenis-jenis kain drill di atas, kain tersebut ternyata banyak digunakan tidak hanya untuk pembuatan seragam, tapi juga jas, jaket, dan lainnya.

Sebenarnya, banyak toko yang menjual kain drill. Tokonya yang direkomendasikan tentunya Berkat Anugrah Mandiri Textindo (BAMTEX). BAMTEX beserta Berkat Abadi Textile merupakan distributor bahan textile terbesar di Indonesia yang sudah berdiri sejak 1980.

Lokasinya kini berada di Bandung, Solo, dan Purwokerto. BAMTEX menjual berbagai macam kain berkualitas tinggi, termasuk kain drill yang ditawarkan dengan harga terjangkau.

Untuk american drill, dijual seharga Rp21 ribu-24,5 ribu per meter, sedangkan japan drill Rp46 ribu per meter. Untuk twist/twin drill, belum tersedia di BAMTEX.

Berikut ini adalah lokasi-lokasi offline store BAMTEX.

Jl. Dulatip No. 55 Kebon Jeruk Kec Andir 40181

Jl. RE Martadinata No. 126, Sudiroprajan, Jebres, Surakarta

Jl. Mt Haryono No.128 C, Purwokerto Wetan, Kabupaten Banyumas 53111

Selain itu, ada juga Berkat Abadi Textile dan Berkat Elnusa Sukses Makmur (BESM) yang satu mitra dengan BAMTEX berlokasi di Bandung.

Bagi yang ingin membeli kain drill lewat online, dapat kunjungi situs BAMTEX.